Pulau Gili Labak Sumenep - Wisata di Sumenep Yang Makin Ramai Dikunjungi Turis
Pulau Gili Labak Sumenep - Wisata di Sumenep Yang Makin Ramai Dikunjungi Turis

Pulau Gili Labak Sumenep - Wisata di Sumenep Yang Makin Ramai Dikunjungi Turis

Pulau Gili Labak Sumenep - Pulau ini adalah pulau yang relatif kecil dengan panorama pasir putih, laut biru dan deburan ombak tenang. Gili ternyata tak hanya dimiliki oleh Lombok, pun pada provinsi Jawa Timur, persisnya berada di kabupaten Sumenep, Madura, ada beberapa gili. Pulau Gili Labak Sumenep adalah salah satunya. Letak persisnya ada di paling ujung timur pulau Madura dan tempat wisata di Jawa Timur ini belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga pulau ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.
Pulau Gili Labak Sumenep Madura

Tak banyak yang mengetahui, Sumenep, Madura mempunyai pulau yang cantik jelita pemandangannya. Dulunya, pulau ini bernama pulau Tikus. Tidak lain dan tidak bukan, karena dulunya tempat ini adalah sarang tikus. Tidak sesuai nama dengan keindahan panorama alamnya, Pulau ini diganti namanya menjadi Pulau Gili Labak, yang lebih enak disebut dengan dialek bahasa madura.

Akses Menuju Lokasi Pulau Gili Madura


Untuk mencapai salah satu destinasi wisata di Sumenep ini, kurang lebih perlu menempuh waktu 2 jam dari pelabuhan kalianget, Pelabuhan paling ujung timur pulau madura. Letaknya cukup tersembunyi dari mata, pun, bila dilihat melalui atlas, sama sekali tidak menampakkan pulau ini dí peta jawa timur. Luas Pulaunya yang hanya selapangan sepakbola sehingga membutuhkan skala lebih besar untuk muncul di peta.

Ingin mengunjungi tempat ini? Caranya sangat mudah. Anda bisa menggunakan jasa transportasi bus dari terminal bernama Bungurasih dari Surabaya langsung menuju Sumenep yang jadwal keberangkatannya selalu ada setiap jam.

Pemberhentian terakhir yang bisa anda capai adalah Pelabuhan Kalianget, Sumenep dan menyewa kapal PP Kalianget – Gili Labak adalah Rp. 450.000, dengan kapasitas sekitar 15 orang. Harga ini tidak pasti, jadi pandai-pandailah menawar.

Objek Wisata Pulau Gili Madura


Dengan bentang pasir berwarna putih dan lautan yang dominan berwarna biru, serta ombak dengan deburan yang santai, Pulau Gili ini yang sangat layak untuk dikunjungi. Kurang lebih, panjang pantai pasir putihnya 50 meter sebelum berlabuh di bibir pantai akan disambut dengan beningya air laut membuat anda bisa menikmati gugusan terumbu karang yang sangat indah.

Seringkali, pulau yang relatif kecil bernama Pulau Gili Labak Sumenep adalah tempat yang populer untuk orang dengan hobi snorkling ataupun diving karena Tempat Wisata Sumenep ini mempunyai titik titik terumbu karang dan biota laut yang cukup beragam.

Untuk anda yang ingin snorkling, sangat penulis sarankan membawa alat sendiri karena belum tersedia penyewaan alat snorkling di pulau ini.

Baca juga:


Sejarah Singkat Pulau Gili Labak Madura


Dahulu kalau, pulau ini disebut dengan pulau Tikus dengan luas kurang lebih 5 hektar dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit ini dihuni sekitar 35 kepala keluarga. Bila dilihat sekilas mata, memang sangat kurang fasilitas yang ada di pulau cantik ini.

Sebut saja, air bersih yang memang belum ada sumbernya, listrik yang hanya aktif pada malam hari dan kurangnya penginapan serta warung makan. Kalau penulis sarankan, lebih baik menginap di rumah warga atau berkemah dipinggir pantai dan bawalah kebutuhan makanan selama berada di Gili Labak.

Pun, ini adalah keunggulan sekaligus kekurangan wisata di Sumenep. Untuk anda yang lebih menyukai sensasi wisata pulau pribadi serta daerah pesisir pantai yang masih alami, Gili Labak merupakan lokasi yang tepat.

Fasiltas dan Akomodasi Gili Labak Madura


Letak persisnya pulau Gili Labak Sumenep ada di Kecamatan talang, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.

Perihal akomodasi, seperti yang penulis bilang di atas, masih sangat minim adanya fasilitas di pulau ini.

Sangat penulis sarankan, perihal kebutuhan terhadap makanan dan penginapan harus anda siapkan dari awal sebelum sampai di pulau ini.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar