Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Aturan

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Aturan

Ruburug.com - Bagi pelajar mendapatkan tugas dari guru atau dosen untuk membuat karya tulis ilmiah adalah hal yang wajar dan bisa dikatakan makanan sehari-hari mereka. Biasanya tugas-tugas tersebut berupa laporan tertulis atau makalah yang temanya sesuai dengan mata pelajaran atau bab yang sedang dibahas.
cara membuat makalah yang benar

Makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah yang dibuat dalam bentuk tulisan yang didalamnya berisikan penjelasan dengan memperhatikan komponen pendukung secara ilmiah. Cara membuat makalah hampir sama dengan karya tulis ilmiah lainnya karena pada prinsipnya makalah adalah bentuk kecil dari karya tulis imiah. Bagi kamu yang masih kebingungan dalam membuat makalah, berikut beberapa cara mudah membuat makalah yang baik dan benar:

Cara membuat makalah


Pada dasarnya makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah yang mempunyai komponen hampir mirip dengan jenis karya ilmiah lainnya yaitu terdiri dari:
  • Cover (judul)
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Bab I: Pendahluan
  • Bab II: Isi atau pembahasan
  • Bab III: Penutup
  • Daftar Pustaka

1. Cover (Judul)


Judul adalah halaman awal atau sampul dari makalahyang akan kamu buat. Untuk menulis judul tidak boleh sembarangan. Judul yang dibuat harus sesuai dengan isi dari makalah yang akan kamu buat dan tidak boleh melenceng jauh dari topik yang akan dibahas pada makalah kamu. Pada bagian cover atau judul ini biasanya berisi: logo lembaga atau intitusi terkait dimana kamu  mengenyam pendidikan, nama institusi dengan alamat lengkap,serta tahun pelajaran atau tahun pembuatan makalah. Apabila judul yang kamu buat terlalu panjang, maka kamu bisa membaginya dengan menjadikannya subjudul.

2. Kata Pengantar


Pada bagian kata pengantar ini umumnya berisikan rasa syukur penulis terhadap sang pencipta, ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak yang terkait dan ikut andil dalam penyusunan laporan makalah tersebut, manfaat yang dapat diambil oleh para pembaca dari makalah yang akan dibuat, alasan dan tujuan singkat mengapa kamu membuat makalah tersebut serta harapan dari penulis semoga makalah yang dibuat nantinya dapat memberikan manfaat kepada siapapun yang membacanya.

3. Daftar isi


Banyak pelajar dalam membuat karya ilmiah makalah tidak mencantumkan daftar isi bahkan cenderung menghilangkannya dalam susunan pembuatan makalah karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal dengan adanya daftar isi ini justru memudahkan para pembaca yaitu sebagai panduan untuk mencari letak bab mana yang ingin dibaca dengan cara melihat halaman yang terletak di daftar isi.

4. Bab I: Pendahuluan


Pada bagian pendahuluan ini, umumnya mengulas tentang latar belakang atau topik yang akan kamu usung pada makalah kamu, kemudian jelaskan pula alasan kamu memilih judul tersebut. Dari latar belakang yang sudah kamu ulas tentunya akan muncul identifikasi masalah serta rumusan masalah yang akan kamu bahas pada bab pembahasan. Setelah itu jangan lupa cantumkan pula tujuan kamu membuat makalah. Umumnya susunan dari Bab I pendahuluan adalah sebagai berikut :
  • Latar belakang

Dalam poin ini kamu cukup memberikan sebuah pernyataan mengenai masalah yang akan kamu bahas pada makalah kamu. Cara membuat latar belakang yang baik dan benar adalah menyertakan alasan penulis dalam membuat makalah. Biasanya untuk mengawali kalimat bisa menggunakan kata “Dewasa ini” atau “Dijaman ini” kemudian menggabungkannya dengan masalah yang ada didalam masyarakat dan muncullah sebuah pernyataan tentang masalah yang akan dibahas dalam makalah kamu.
  • Rumusan Masalah

Pada bagian ini berisikan pertanyaan yang akan terjawab setelah para pembaca membaca makalah kamu. Biasanya untuk menjawab rumusan masalah terdapat pada bagian isi dalam sebuah makalah.
  • Tujuan

Untuk membuat makalah yang baik dan benar sertakan juga tujuan kamu dalam membuat makalah tersebut dan keinginan yang kamu harapkan untuk para pembaca setelah membaca makalah yang kamu buat.

5. Isi atau pembahasan


Dalam bab II ini berisikan tentang topik yang akan kamu bahas secara keseluruhan dan mendetail. Pada bagian ini merupakan inti dari sebuah makalah dan tentunya banyak hal-hal penting yang harus diperhatikan seperti diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Bahaslah hal-hal secara umum dahulu kemudian mengerucut secara lebih spesifik
  • Pastikan kamu dapat menjawab rumusan masalah yang sudah kamu buat pada bab pendahuluan sesuai dengan data yang sudah kamu peroleh.
  • Gunakan EYD yang baik dan benar. Usahakan penggunaan kalimat yang bagus dan mudah dipahami supaya menarik minat para pembaca untuk membaca makalah kamu.

6. Bab III Penutup


Pada bagian ini kamu harus membuat sebuah kesimpulan dengan menggunakan kalimat lain yang sesuai dengan isi atau pembahasan yang kamu usung pada makalah kamu. Umumnya pada bagian ini terdapat dua point penting yaitu kesimpulan dan saran yang harus ada pada setiap karya tulis ilmiah termasuk didalamnya adalah makalah:
  • Kesimpulan

Pada point ini berisikan tentang penjelasan singkat mengenai isi dari bab pembahasan dan hal-hal yang penting yang terdapat pada isi dari makalah yang kamu buat.
  • Saran

Saran atau opini ini adalah point penting kedua pada bagian penutup yang berisikan keputusan atau pernyataan atau tidakan yang seharusnya diambil oleh penulis setelah memahami isi dari pembahasan tersebut.

7. Daftar Pustaka


Mencantumkan sumber referensi di daftar pustaka merupakan hal yang penting. Dalam menuliskan daftar pustka kamu harus memiliki data-data dari buku yang kamu gunakan untuk referensi dalam pembuatan makalah seperti nama pengarang, tahun buku tersebut dikarang, judul karangan, kota terbit dan penerbit. Berikut adalah beberapa cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam membuat makalah:
  • Nama penulis diurutkan  sesuai alphabet dari A-Z, kemudian nama pengarang dibalik yang ditulis terlebih dahulu adalah nama belakang pengarang. Tetapi sebaliknya apabila buku yang digunakan untuk acuan adalah buku asing maka sebaiknya didahulukan terlebih dahulu untuk ditulis.
  • Untuk jeda antara pengarang dan tahun terbit buku karangan berilah tanda titik setelah itu baru tulislah tahun buku terbitan
  • Selanjutnya beri tanda titik lagi lalu tulislah judul buku karangan yang dicetak miring atau ditulisi dengan huruf tebal dan diberi garis dibawahnya.
  • Kemudian beri tanda titik lagi lalu tulislah kota tempat buku diterbitkan
  • Langkah terakir apabila kamu sudah menuliskan kota tempat buku diterbitkan kemudian beri titik dua dan tulis penerbit buku tersebut.
  • Jika kamu menggunakan referensi dengan pengarang yang sama tetapi judul buku yang berbeda, kamu cukup menuliskan tepat dibawah nama penulis dan memberi tanda garis panjang.
  • Pastikan semua referensi yang kamu gunakan untuk membuat makalah masuk dalam daftar pustaka, dan alangkah lebih baiknya pisahkan antara referensi dari buku, internet atau media cetak.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara membuat makalah yangbaik dan benar yang sesuai dengan tata bahasa yang benar dan dapat kamu coba apabila kamu mendapatkan tugas dari guru atau dosenmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar