Contoh Essay Serta Cara Membuatnya dengan Benar

Contoh Essay Serta Cara Membuatnya dengan Benar

Ruburug.com - Bagi kamu yang mempunyai hobi menulis tentunya ingin sekali menyalurkkan ide kamu melalui sebuah tulisan. Ada berbagai media yang dapat kamu jadikan untuk menyalurkan ide kreatifmu, namun jangan sampai bakat menulismu dituangkan dalam media yang salah, misalnya curhat di medsos. Salah satu media untuk mengembangkan bakat menulismu adalah membuat Essai. Essay atau esaiadalah jenis karangan bebas yang mempunyai tujuan subjektif berdasarkan kemauan penulis. Subjektif disini artinya mengomentari dan memberi pendapat tentang sesuatu permasalahan yang sudah terjadi.
contoh essay dan cara membuatnya

Banyak hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat esai seperti merangkai kata dalam bentuk kalimat, upayakan buatlah kalimat semaksimal mungkin jangan hanya sekedar menulis apa yang ada dibenak kepala saja, tetapi rangkailah kata demi kata menjadi sebuah kalimat yangjelas dan enak untuk dibaca, agar menarik parapembaca untuk meluangkan waktu untuk membaca essay kamu.Jangan khawatir bagi kamu yang ingin membuat essay berikut adalah beberapa cara membuat essai dan contohnya yang wajib kamu simak:

Cara membuat essay dan contohnya:


Sama seperti karya ilmiah lainnya essay juga mempunyai format atau sistematika yang disebut dengan badan essai yang terdiri dari introduction atau bagian awal, isi atau fakta dan kesimpulan. Dalam menulis essay jangan melulu berkomentar tentang sesuatu permasalahan yang akan dibahas saja alangkah lebih baiknya disertai dengan solusi yang nyata dan dapat diaplikasikan secara langsung oleh para pembaca. Berikut adalah cara membuat essay dan contohnya:

1. Pilih tema yang menarik


Sebelum kamu membuat essay sebaiknya tentukan dulu topik atau tema yang akan kamu bahas pada karangan essay kamu. Pemilihan tema merupakan sesuatu hal yang penting karena akan mempengaruhi karangan essay secara keseluruhan. Untuk menarik minat pembaca sebaiknya pilih tema yang sedang booming atau hangat-hangatnya, sehingga para pembaca akan meluangkan waktunya sejenak untuk membaca karangan essay yang akan kamu tulis.

2. Lalukan Research/Riset


Setelah kamu memilih tema yang menarik para pembaca, langkah selanjutnya adalah melakukan research sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber seperti buku, internet dll yang menunjang kekuatan tema yang akan kamu tulis. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung argument-argument yang akan kamu sampaikan kekarangan essay kamu, sehingga pendapat yang kamu lontarkan akan kuat karena disertai dengan fakta dan teori-teori yang mendukung. Tetapi, sebaliknya apabila karangan essay yang akan kamu buat tidak dilengkapi dengan data-data yang kuat, tulisan kamu akan dianggap omong kosong dan banyak pembaca yang tidak percaya dengan essay yang kamu tulis.

3. Membuat outline atau kerangka


Untuk membuat essay yang koherencedan logis, sebaiknya buatlah kerangka atau outline terlebih dahulu karena hal tersebut akan memudahkan kamu untuk membuat essay. Tujuan dari pembuatan outline atau kerangka ini adalah agar essay yang kamu buat tidak melenceng dari ide tau tema yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pembuatan outline atau kerangka sangatlah penting dalam membuat sebuah karya tulis termasuk didalamnya adalah essay.

4. Memperhatikan diksi atau pemilihan kata


Essay merupakan salah satu jenis karangan karya ilmiah yang bersifat formal. Essay yang baik akan menggunakan bahasa yang baik, runtut dan jelas hal tersebut bertujuan agar mudah dipahami oleh para pembaca. Sebelum membuat karangan essay sebaiknya pertimbangkan dulu siapa calon pembaca karangan essaymu. Apabila calon pembaca essaymu adalah kaum intelektual, sebaiknya selaraskan dengan bahasa intelektual pula. Tetapi sebaliknya apabila calon pembaca karangan essay mu adalah masyarakat umum gunakanlah bahasa yang mudah jelas dan runtut tetapi tetap formal agar mudah dipahami oleh masyarakat umum.

5. Kerjakan


Setelah langkah-langkah tersebut diatas sudah selesai kamu kerjakan. Maka dalam membuat essay ada tiga hal yang wajib kamu perhatikan :
  • Bagian awal (Introduction)

Didalam introduction atau bagian awal, dalam bagian ini mengungkapkan hal yang ingin kamu bahas dikarangan essay kamu. Dalam bagian awal ini terdapat steatment kamu tentang suatu permasalahan yang akan kamu bahas pada karangan essay kamu. Buatlah dan tulislah steatment itu dengan bahasa yang membuat calon pembaca merasa ingin tahu dan bertanya-tanya tentang suatu permasalahan yang ingin kamu bahas di karangan essay kamu serta mencari tahu alasan-alasan tentang steatment yang kamu lontarkan.
  • Isi


Bagian yang paling penting pada sebuah karya ilmiah adalah bagian isi. Karena dibagian ini mengandung garis besar keseluruhan isi karangan essay. Tulislah dengan mengacu pada point-point pada outline atau karangan yang telah kamu buat sebelumnya. Kembangkan point-point tersebut kedalam kalimat yangbaik runtut dan jelas tetapi tetap formal dan sertai dengan data-data yangmendukung argument agar opini kamu tidak lemah dan tidak menjadi omong kosong saja.
  • Penutup


Bagian terakhir dalam pembuatan karangan essay adalah penutup. Pada bagian konklusi atau kesimpulan dari karangan essay ini kamu harus menulis kembali point-point yang penting pada bagian isi dengan bahasa yang lain dalam satu kalimat. Dalam membuat sebuah kesimpulan harus memuat keseluruh isi essay yang kamu tulis dan tidak boleh memunculkan ide tau topik baru pada bagian penutup karangan essay kamu.

6. Judul


Pembuatan judul ini merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah karya ilmiah karena judul yang menarik akan memikat minat para pembaca untuk membaca karangan essay yang kamu buat. Jadi buatlah judul pada karangan essay kamu dengan sekreatif mungkin.

Contoh Esai ( karangan Essay )


Kebut Membawa Duka
Belakangan ini, marak sekali tragedi kecelakaan dijalan raya, terutama pada musim padat-padatnya lalu lintas seperti musim mudik dan menjelang lebaran. Banyak faktor yang memicu terjadinya kecelakaan seperti faktor kelelahan, mengantuk, kebut-kebutan sesama pengguna jalan raya, mesin kurang fit dll. Namun, dari banyaknya faktor yang muncul, kebut-kebutan adalah faktor yang paling berbahaya diantara semua faktor-faktor lainnya.
 

Menurut data yang diperoleh dari pihak kepolisian danjasa raharja, pada tahun 2018 ini terjadi 1900 kasus kecelakaan yang diakibatkan karena kebut-kebutan dengan sesama pengguna jalan raya pada saat berkendara. Tidak ada manfaat yang dapat diambil darikebut-kebutan ini selain membahayakan untuk diri sendiri tentunya juga sangat membahayakan bagi orang lain. Untuk memperkuat steatment diatas berikut adalah dua paragraph tentang kerugian yang timbul akibat kebut-kebutan dijalan raya.
 

Yang pertama adalah, kebut-kebutan ini akan mencelakai diri sendiri dan orang-orang terkasih. 
Mengendarai kendaraan diatas batas normal akan menyebabkan kecelakaan yang dapat melukai diri sendiri bahkan orang lain. Tidak hanya melukai bahkan dapat merenggut nyawa orang yang kebut-kebutan dijalan raya. Data dari kepolisian dan jasa raharja terkait permasalahan diatas mengungkapkan bahwa dari 1990 kasus kecelakaan yang diakibatkan karena kebut-kebutan, sekitar 5034 orang meregang nyawa.
 

Kedua, kebut-kebutan juga akan melukai para pejalan kaki. Pengemudi yang memacu kendaraannya diluar batas normal biasanya akan kehilangan control, sehingga akan menabrak para pejalan kaki.Oleh karena itu, kebut-kebutan akan menyebabkan kecelakaan yang akan membahayakan diri kita sendiri bahkan nyawa orang lain yang tidak bersalah.

Berikut adalah ulasan mengenai cara membuat essay dan contohnya. Bagi kamu yang hobi menulis membuat essay adalah cara sederhanya yang paling elegan untuk menyalurkan bakat menulis kamu. Selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar