Contoh Laporan Penelitian Lengkap Berserta Penjelasannya
Contoh Laporan Penelitian Lengkap Berserta Penjelasannya

Contoh Laporan Penelitian Lengkap Berserta Penjelasannya

Ruburug.com - Laporan penelitian adalah salah satu jenis karya ilmiah yang selalu dijumpai bahkan bisa dikatakan makanan sehari-hari bagi para siswa dan mahasiswa sekalipun. Pembuatan laporan penelitian ini merupakan langkah terakhir dalam suatu proses penelitian, disini penulis harus menyampaikan dan menjelaskan kepada audience tentang hasil akhir yang didapat setelah melakukan riset atau penelitian kedalam sebuah tulisan. Dari definisi laporan penelitian sendiri kita sudah tahu bahwa pembuatan laporan penelitian adalah tahap yang paling penting.
contoh lapran penelitian


Meskipun laporan penelitian itu terdiri dari beberapa bentuk jenis penelitian tergantung tujuan apa yang ingin kamu paparkan di laporan. Namun karya ilmiah itu sendiri masih dikategorikan sebagai suatu karya ilmiah yang tentunya dalam proses pembuatannya mempunyai format atau sistematika yang runtut dan jelas. Perlu diingat laporan penelitian bisa disebut juga dengan karya ilmiah, namun tidak semua karya ilmiah bisa disebut dengan laporan penelitian .

Agar kamu tidak kebingungan untuk membuat laporan penelitian, berikut adalah penjelasan mengenai definisi serta sistematika contoh laporan penelitain yang dapat kamu coba di rumah:

Contoh laporan penlitian:


1. Pengertian laporan penelitian


Kita tahu bahwa laporan penelitian itu adalah langkah akhir dalam melakukan proses penelitian, dimana kamu harus menjelaskan dan menyampaikan hasil dari riset yang kamu lakukan kepada audiens dalam bentuk tulisan atau karya ilmiah. Laporan penelitian memang memiliki banyak sekali bentuk namun masih termasuk didalam karya ilmiah. Berikut adalah spsifikasi jenis laporan penelitian yang harus kamu ketahui:
  • Laporan penelitian yang ditujukan untuk instansi atau lembaga tertentu
  • Laporan penelitian yang ditujukan guna memenuhi tugas sekolah atau mata kuliah
  • Laporan penelitian yang ditulis untuk membuat jurnal akademik
  • Laporan penelitian yang ditulis untuk kepentingan media sosial seperti diantaranya adalah majalah dan koran.
Bentuk dari laporan penelitian memang beragam jenisnya, definisi yang dimiliki oleh karya ilmiah jenis ini juga luas untuk dipahami tergantung jenis riset atau penelitian tersebut dibuat. Semua karya ilmiah termasuk didalamnya adalah laporan penelitian mempunyai sistematika atau format yang harus memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar.

Baik laporan penelitian tersebut memang sengaja ditulis untuk media sosial seperti majalah dan Koran namun hasil penelitian tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan faktanya. Oleh  karena itu unsur yang terdapat dalam kaidah penulisan karya ilmiah sangat penting dan wajib untuk diperhatikan

Setiap jenis laporan penelitian mempunyai format atau sistematika yang berbeda-beda. Seperti misalnya laporan penelitian skripsi, format yang digunakan dalam jenis laporan penelitian ini sangat bervariasi tergantung dengan desain penelitian yang digunakan oleh penulis. Memahami sistematika akan sangat mempermudah kita dalam pembuatannya.

2. Contoh sistematika laporan penelitian


Sudah dijelaskan di atas, bahwa sertiap karya ilmiah termasuk di dalamnya adalah laporan penelitian mempunyai format atau sistematika yang berbeda-beda dan juga bervariasi tergantung dengan desain penelitian yang digunakan. Dalam penulisannya format harus mengandung unsur kaidah penulisan laporan penelitia yang baik dan benar.

Tujuannya agar hasil akhir yang dituangkan dalam sebuah tulisan dapat diterima dengan jelas dan runtut. Setiap fakta yang dijabarkan didalam suatu karya ilmiah sebaiknya harus disertai dengan bukti yang nyata dan dapat dipertanggungjwabkan kebenaran data tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat laporan karya ilmiah:

Laporan penelitian harus ditulis dengan bahasa dan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta pertimbangkan juga untuk siapa laporan penelitian tersebut dibuat.

Laporan penelitian yang baik harus bersifat transparan dengan cara mencantumkan riset-riset serta metode dari hasil penelitian yang dilakukan, sehingga pembaca dapat menguji hasil penelitian tersebut apabila menghendaki untuk melakukan uji coba.

Berikut adalah format atau sistematika laporan penelitian secara umum:

  • Judul

Dalam pembuatan judul upayakan selalu mengkaitkan dengan substansi yang ingin dituju dan juga harus jelas serta menarik.
  • Daftar Isi

Dalam karya ilmiah daftar isi ini dibuat untuk mempermudah pembaca dalam mencari konten yang ditulis dalam laporan penelitian. Di dalam daftar isi ini berisi tentang daftar tiap bab atau sub bab.
  • Kata pengantar

Dalam bagian ini berisi tentang ulasan singkat mengenai topik yang akan dibahas dalam suatu laporan penelitian. Bukan hanya itu, terkadang di dalam bagian kata pengantar ini juga dijadikan sebagai tempat penulis untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian.
  • Abstrak

Bagian ini mengulas secara singkat mengenai tema, rumusan masalah, metodologi, analisis data, temuan data dan juga simpulan dari hasil penelitian.
  • BAB 1 Pendahuluan

Latar belakang:

Mengulas tetang konten penelitian dan motivasi penelitian dalam melakukan riset tersebut.

Rumusan masalah:

Bagian ini mengulas tentang masalah apa yang ingin dikaji serta digali oleh seorang penulis dalam melakukan sebuah penelitiann ilmiah.

Tujuan penelitian:

Bagian ini dibuat untuk menjawab rumusan masalah yang dibuat dalam pembuatan laporan penelitian.

Manfaat penleitian:

Keuntungan yang diperoleh pembaca dan penulis serta pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksaannn penelitian tersebut.

  • BAB II Tinjauan kepeustakaan

Riview literature:

Mengulas tentang rangkuman dan kritikan mengenai studi terkait.

Teori:

Bagian ini mengulas tentang konsep yang merujuk pada topik yang diangkat.

Kerangka pemikiran:

Menjelaskan cara berfikir seorang peneliti yang dibuat untuk menjawab rumusan masalah.

Hipotesis:

Perlu diingat tidak semua jenis penelitian menggunakan hipotesis. Hipotesis ini dibuat untuk menyimpulkan sementara dari dua variable yang akan diuji.

  • BAB III Metodologi penelitian

Metode penelitian:

Pendekatan yang dilakukan penulis untuk mendapatkan dan menganalis data

Populasi dan sampel:

Mengulas tentang partisipan dan subjek yang ingin dibahas dalam penelitian dan juga menguals tentang cara pengambilan sampling.

Tehnik pengumpulan data:

Menjelaskan tentang cara peneliti untuk mendapatkan data dilapangan selama proses penelitain berlangsung dengan mempertimbangkan etika penelitian.

  • BAB IV Pembahasan

Diskripsi hasil penelitian:

Dalam bagian ini peneliti menjelaskan tentang hasil temuan yang dia dapati di lapangan secara diskripsi serta menterjemahkan data secara narasi.

Analisis data:

Pembahasan secara mendetail tentang hasil temuan yang didapati di lapangan.

Diskusi:

Dalam bagian ini adalah pertemuan antara hasil analisis data dengan teori serta hasil riset yang diperuntukan kepada penelitain sebelumnya. Peneliti juga bisa merujuk pada literature untuk didiskusikan dengan hasil temuannya.

  • BAB V penutup

Kesimpulan:

Mengulas tentang ringkasan dan garis besar dari hasil penelitian.

Saran:

Berisi tentang ulasan peneliti tentang topik yang diangkat atau dibahas.

Rekomendasi:

Sub bab ini tidak digunakan untuk semua jenis penelitian. Pada bagian ini penulis harus meringkas dan menyampaikan kepada pihak atau instansi terkait.

Referesnsi:

Bagian ini berupa daftar pustaka yang berisi dokumen relevan untuk menunjang fakta penelitian

Lampiran

Berisi dokumen-dokumen penting yang perlu diketahui oleh pembaca yang diletakkan pada bagian belakang setelah daftar pustaka.

Itulah ulasan mengenai contoh laporan penelitan serta format yang digunakan pada laoran ilmiah secara umum dan standart. Kerangka penelitian ini ditulis untuk memberi referensi kamu untuk membuat laporan penelitian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya. (
Advertisement

Baca juga:

This Is The Newest Post
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar