Pengertian, Karakteristik, dan Perbedaan Peta Topografi & Peta Kontur

Pengertian, Karakteristik, dan Perbedaan Peta Topografi & Peta Kontur

Ruburug.com - Peta Topografi dan peta kontur adalah dua jenis peta yang berbeda tapi apabila dilihat sekilas keduanya mempunyai kesamaan yaitu tentang pemberian informasi yang mencakup tentang ketinggian tempat atau wilayah dipermukaan bumi. Peta topografi dan peta kontur sebenarnya mempunyai beberapa perbedaan yang sangat mencolok dan sangat signifikan. Dari definisi peta topografi dan peta konturpun bisa dilihat perbedaan yang sangat menonjol.
peta topografi

Menurut sejarah, peta topogarfi dan peta kontur ini memang digunakan untuk beberapa kalangan dan sebagian orang saja karena pada masanya sedikit sekali orang yang mampu menbaca serta memahami kedua peta tersebut. Namun seiring berjalannya teknologi kebermanfaatan peta topografi dan peta kontur tersebut semakin banyak, serta banyak juga orang yang sudah mampu membaca serta memahaminya.

Agar kamu lebih mengetahui secara mendalam perbedaan dari peta topografi dan peta kontur, berikut adalah beberapa ulasan mengenai definisi, perbedaan serta karakteristik dari peta topografi dan peta kontur yang perlu kamu simak dan kamu pahami:

Peta topografi dan peta kontur

1. Pengertian peta topografi dan peta kontur

  • Peta topografi adalah suatu peta yang dibuat untuk memetakan tempat-tempat atau wilyah yang ada di seluruh permukaan bumi dengan cara menunjukkan bentuk-bentuk serta ketinggian yang ada dipermukaan bumi melalui garis-garis ketinggian. Melihat sejarahnya, dahulu peta topografi ini memang sengaja dibuat karena dorongan kebutuhan kegiatam  kemiliteran. Para prajrut harus bisa membaca serta menguasai peta topografi ini agar selama dimedan perang mereka dapat bergerak cepat dan efektif. Untuk memenangkan sebuah pertaruang di medan perang para prajurit harus menguasi dan data membaca peta topografi tersebut. Namun, sekarang seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang peta topografipun mempunyai manfaat yang sangat banyak yaitu sebagai keperluan sipil misalnya seperti berburu, hiking, menyusur rawa-rawa, mendaki bukit atau bahkan gunung sekalipun peta topografi ini sangat dibutuhkan karena pada saat melakukan kegiatan seperti ini membutuhan navigasi darat yang tepat.
  • Peta kontur adalah suatu peta yang dibuat untuk menggambarkan atau mendiskripsikan ketinggian suatu tempat atau wilayah dipermukaan bumi dengan menggunakan garis-garis kontur. Garis kontur ini adalah sebuah garis yang dapat menghubungan antara titik ketinggian yang sama antara satu tempat dengan tempat yang lainnnya.
peta kontur
Peta Kontur

Lihat juga: Prinsip geografi dan penjelasannya lengkap

2. Perbedaan peta topografi denagn peta kontur

  • Seperti yang sudah dijabarkan diatas bahwa kita tahu dari definisi atau pengertian dari kedua peta tersebut sudah jelas mempunyai perbedaan yang mencolok dan sangat signifikan sekali. Jika peta topografi ini hanya dapat menunjukan bentuk-bentuk permukaan bumi melaui garis-garis ketinggian, sedangkan peta kontur dalam penggambarannya atau pendiskripsiannya megenai permukaan bumi dengan menggunakan garis-garis kontur.
  • Peta topografi dalam penggambaran atau pendeskripsian bentuk permukaan bumi lebih menyeluruh dan luas
  • Peta kontur dalam penggambaran atau pendeskripsian bentuk permukaan bumi hanya dikhususkan pada ketinggian tempat atau wilayah yang dapat digambarkan dengan menggunakan garis-garis kontur.

contoh peta topografi
Contoh Peta Topografi

3. Karakteristik garis kontur

Garis kontur adalah salah satu bagian yang penting dari pembuatan peta tpografi dan peta kontur sekalipun. Sudah dijabarkan dalam pembahasan diatas bahwa garis kontur itu adalah garis titik-titik yang memhubungkan antara ketinggian yang sama pada satu tempat ke tempat yang lainnya. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh garis kontur yang wajib kamu ketahui:

  • Semua titik-titik kontur yang ada dipeta menunjukan ketinggian yang sama
  • Garis kontur tidak ada yang berpotongan antara yang satu dengan yang lainnya, kecuali dalam kondisi tertentu seprti adanya tebing yang vertical atau air terjun.
  • Garis kontur yang rapat menunjukan daerah permukan bumi tersebut curam atau terjal. Jadi harus lebih hati-hati jikalau mendapati garis kontur yang seperti ini pada saat kamu menggunakannya.
  • Garis kontur yang digambarkan secara berjauhan mengindikasikan bahwa permukan bumi tersebut adalah daerah yang landai.
  • Garis kontur yang sama, berarti menggambarkan kenampakan lereng yang sama

Lihat juga: Aspek geografi dan penjelasannya lengkap

Nah itulah beberapa ulasan mengenai peta topografi dan peta kontur lengkap dengan definisi, perbedaan serta karakteristiknya. Hasil dari peta topografi yang standart itu dicantumkan tanda-tanda yang menunjukkan sifat fisik permukaan, misalnya seperti sungai, garis pantai, muapun objek hasil buatan aktivitas manusia.

Jika kamu melihat garis kontur yang berdekatan atau rapat itu berarti daerah tersebut curam, tetapi jika garis kontur yang kamu dapati digambarakan secara berjauhan itu menandakan bahwa daerah tersebut daerah yang landai. Bagi kamu yang ingin membuat atau menggambar peta topografi dan peta kontur sebaiknya tampilkan juga angka ketinggian peta tersebut untuk mempermudah proses pembuatan peta. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimaka kasih. Jangan lupa share apabila artikel ini membantu untuk kamu.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar