Prinsip Geografi dan Penjelasannya Lengkap

Prinsip Geografi dan Penjelasannya Lengkap

Prinsip Geografi - Pendidikan geografi sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi selalau diulas dan dipelajari. Karena ilmu geografi ini merupakan ilmu yang mempelajari fenomena fisik dan manusia yang berada di atas bumi, jadi tak heran apabila selalu dibahas pada setiap jenjang pendidikan. Ilmu geografi mempunyai banyak cabang dimana cabang tersebut mencakup seluruh bidang dan mencakup semua aspek.
prinsip geografi dan penjelasannya

Terdapat 4 (empat) prinsip geografi yang dipegang teguh dalam ilmu geografi. Prinsip tersebut meliputi prinsip penyebaran (distribusi), keterkaitan (interelasi), penggambaran (diskripsi) dan juga gabungan (kronologi). Keempat prinsip tersebut saling melengkapi dan berkolaborasi untuk mengetahui fenomena-fenomena fisik dan manusia yang terjadi dibumi.

Secara umum, kita tahu bahwa pengertian dari geografi ini adalah ilmu yang mempelajarai tentang persamaan serta berbedaan fisik atas fenomena dan manusia yang terjadi di muka bumi. Ilmu ini juga dibagi menjadi beberapa ilmu seperti gografi wilayah, geografi fisik dll. Dalam pembelajarannya ilmu geografi menganut prinsip geografi karena dijadikan sebagai dasar untuk melakukan pengkajian, penjabaran dan penelitian tentang fenomena-fenomena fisik yang terjadi dibumi serta manusia yang tinggal dibumi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa prinsip geografi lengkap dengan definisi, pembahasan serta contohnya:

4 Prinsip Geografi:

 

1. Prinsip distiribusi (penyebaran)


Prinsip distribusi ini adalah salah satu prinsip geografi yang paling utama dan terpenting dari keempat prinsip tersebut. Prinsip distribusi ini dibuat untuk meneliti dan menelaah fenomena-fenomena serta gejala-gejala yang terjadi dipermukaan bumi yang tersebar secara tidak merata dan tidak sama. Fenomena geografi yang dapat diteliti serta ditelaah disini antara lain berupa benteng alam, tumbuhan, hewan dan manusia.

Tujuan prinsip distribusi untuk mengungkap hubungan antara fenomena yang satu dengan yang terjadi lainnya secara merata dan menyeluruh serta untuk meramalkan keadaan di masa kelak atau dimasa yang akan datang.

Supaya kamu lebih mengetahui secara langsung prinsip distribusi berikut adalah beberapa contoh dari prinsip distribusi itu sendiri :

  • Penyebaran hewan serta tumbuh-tumbuhan diberbagai wilayah Indonesia tanpa terkecuali.
  • Penyebaran potensi air yang berbeda dari daerah satu kedaerah yang lain. Dari berbagai tempat tersebut sumber potensi air yang dimiliki juga akan berbeda ada yang bervolume kecil, secang hingga besar.
  • Persebaran penduduk transmigran yang terjadi di Indonesia ini tidak merata

2. Prinsip geografi interelasi (keterkaitan)


Prinsip geografi yang kedua yang juga sangat penting adalah prinsip geografi interelasi (keterkaitan). Prinsip ini memang dibuat untuk mengkaji serta menelaah hubungan yang terjadi antara fenomena gejala geografi yang satu dengan gejala geografi yang lainnya yang terjadi di dalam satu ruang. Tujuan dari prinsip geografi interelasi ini adalah untuk menguraikan hubungan yang terjadi di dalam satu ruang tersebut antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya.

Prinsip interelasi ini juga disebut dengan prinsip sebab-akibat karena adanya hubungan timbal balik dan saling keterkaitan antara alam dengan manusia yang memang tidak pernah bisa dipisahkan.

Berikut adalah contoh dari prinsip geografi interelasi:
  • Akibat adanya fenomena La Nina terjadi banyak kekeringan diberbagai tempat
  • Akibat penebangan hutan secara liar terjadi banyak fenomena banjir diberbagai wilayah hulu.
  • Letak geografis Indonesia yang dapat mempengaruhi kondisi ilklim diwilayah Indonesia.
  • Bagi penduduk yang berdekatan dengan pantai atau lautan banyak yang mata pencahariannya sebagai nelayaan.
Lihat juga: Aspek geografi dan penjelasannya lengkap

3. Prinsip diskripsi (penggambaran)


Prinsip geografi yang ketiga adalah diskripsi atau penggambaran. Fungsi utama dari prinsip deskripsi ini antara lain adalah untuk memberikan penjelasan serta gambaran yang lebih jelas tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat kita amati.

Tujuan khusus pada prinsip ini adalah untuk memberikan penjelasan khusus terhadap karakteristik bumi secara spesifik pada gejala-gejala geografi. Selain itu tujuan lain dari prinsip deskripsi ini adalah untuk menggambarakan secara jelas tentang fenomena-fenomena geosfer yang membutuhkan diskripsi, baik itu melalui tulisan, lebel, gambar dan grafik yang dapat disajikan sesuai fakta, gejala dan masalah sebab-akibat bisa secara kualitatif atau kuantitatif sekalipun

Berikut adalah beberapa prinsip geografi diskripsi (penggambaran):
  • Untuk menunjukkan jumlah penggangguran disuatu wilayah dapat digunakan tabel angka untuk mengukur statistiknya,
  • Grafik pada lempeng tektonik yang terjadi didunia
  • Lautan dikawasan asia tenggara dibuat peta
  • Gambar persebaran curah hujan yang terjadi di Indonesia

4. Prinsip korologi (gabungan)


Prinsip terakhir dari prinsip geografi ini adalah prinsip korologi atau gabungan yang berfungsi untuk memadukan dari gabungan ketiga prinsip geografi yang sudah dibahas sebelumnya. Tujuan dibuatnya prinsip ini adalah untuk mengkaji serta menelaah gejala, fakta, maupun masalah-masalah yang ada di suatu tempat yang dapat ditinjau dari persebarannya, interelasinya, interaksinya serta integrasinya dalam suatu ruang tertentu.

Prinsip korologi atau gabungan ini bisa dikatakan prinsip yang paing komprehensif karena dapat memadupadankan prinsip-prinsip geografi yaitu prinsip distribusi, prinsip interelasi serta prinsip deskripsi dalam satu prinsip yaitu prinsip korologi atau gabungan. Prinsip korologi ini adalah salah satu ciri-ciri bahwa geografi ini termasuk cabang ilmu modern yang harus selalu dikembangkan serta dipelajari.

Berikut adalah contoh dari prinsip korolasi (gabungan):
  • Untuk meneliti tentang hujan yang turun diwilayah indonesia, sebaiknya harus mengetahui dulu tentang persebaran curah hujan disetiap daerah serta dampak yang terjadi apabila curah hujan tinggi
  • Untuk meneliti tentang suhu, sebelumnya harus mengetahui dulu tentang suhu dipedesaan dan perkotaan serta dampak yang ditimbulkan

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai prinsip-prinsip geografi yang menurut para ahli yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan seputar Geografi. Jangan lupa share ya.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar