Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Haid Tidak Teratur Yang Penting Untuk Diketahui

haid tidak teratur
Salah satu masalah yang sering kali dialami oleh seorang wanita adalah haid yang tidak teratur. Hal ini memang bisa dibilang biasa untuk beberapa wanita, namun terkadang untuk beberapa kasus menjadi satu gejala dari sebuah penyakit atau wanita yang sudah menikah sering dikaitkan dengan kehamilan. Lalu apa sebenarnya penyebab haid tidak teratur itu sendiri?

Siklus dari haid yang tidak teratur adalah jika kamu mempunyai variasi di dalam jumlah hari mendapatkan haid dibandingkan siklus normal secara umum. Kamu dapat mengalami haid yang tertunda atau bahkan tidak haid. Dapat termasuk dalam kondisi pendarahan yang kurang ataupun pendarahan yang terbilang sangat berat.

Haid Tidak Teratur Dikarenakan Apa?


Penyebab dari haid yang tidak teratur sebenarnya bermacam – macam, tergantung dari masing – masing orang itu sendiri. Karena kondisi dari setiap orang tentu saja berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab dari haid yang tidak teratur:

1. Tingkat Stres Yang Tinggi


Ketika kamu mengalami stress, tentu saja tubuh kamu isa mencegah proses ovulasi. Hal tersebut nantinya akan berakibat pada periode haid yang tidak teratur.
Jika kamu sedang diet, mungkin saja kamu mengalami masa yang tidak teratur. Selain itu jika kamu sedang mengalami peristiwa traumatis, nantinya juga akan membuat siklus haid menjadi tidak teratur.

2. Diet Yang Buruk


Pola makan yang kurang sesuai atau buruk tentu saja dapat menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Hal tersebut sangat penting untuk seorang wanita, terlebih untuk kamu yang ingin cepat hamil. Pastikan untuk tidak salah dalam menerapkan pola diet.

Diet yang rendah nutrisi serta antioksidan nantinya akan menghasilkan siklus haid yang tidak teratur. Jika kamu nantinya tidak menerapkan diet seimbang, tentu saja tubuh akan melepaskan kortisol.
Jadi untuk solusinya adalah pastikan untuk menerapkan diet seimbang dan pilih juga makanan dengan kandungan antioksidan tinggi serta protein. Diet sehat ini sendiri tidak hanya akan membuat haid menjadi teratur, namun juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

3. Penyakit Tiroid


Kelenjar tiroid nantinya akan menghasilkan suatu hormon yang dapat menciptakan ketidakseimbangan hormon seks. Kekurangan tiroid dan juga kelebihan tiroid merupakan salah satu penyebab dari siklus haid yang tidak teratur.

Jika kortisol yang ada di dalam tubuh terlalu banyak, tentu saja dapat menimbulkan gangguan hormonal. Hal tersebut berarti siklus haid kamu tidak teratur karena adanya kelainan tiroid tersebut.

4. Pil Kontrasepsi


Apakah kamu merupakan seorang ibu yang mencegah kehamilan dengan cara meminum pil kontrasepsi? Jika iya, mungkin saja akan berpengaruh pada siklus haid kamu yang menjadi tidak lancar. Hal tersebut karena pil kontrasepsi tersebut akan mempertahanan tingkat estrogen yang tinggi pada tubuh kamu.

Bahkan setelah kamu berhenti untuk meminum pil kb tersebut, dibutuhkan waktu yang berbulan – bulan agar tubuh kamu  menjadi kembali normal. Dan hal tersebut juga berakibat pada siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Polycystic Ovarian Syndrome


Sebuah kondisi dimana saat kista yang berukuran kecil berkembang pada ovarium. Siklus haid yang tidak teratur bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit ini. Seorang wanita yang mengalami penyakit ini, biasanya tidak akan berovulasi secara teratur.

Hal ini berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon yang menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Sehingga memang sebaiknya harus segera diatasi agar haid juga kembali normal, sehingga tidak akan menimbulkan penyakit yang lainnya.

6. Latihan Berat Secara Intensif


Jika kamu terlalu banyak latihan dengan berat dan memberikan tekanan yang berlebihan pada bagian kelenjar adrenal serta kelenjar pituitari, haid juga bisa menjadi tidak teratur. Ketika melakukan latihan secara intensif, tubuh nantinya akan menghasilkan kortisol atau hormone stress.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mempunyai tubuh yang langsing, namun juga siklus haid yang teratur, tentu saja jangan memforsir latihan yang kamu lakukan. Pastikan untuk sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

Jadi itulah beberapa penyebab haid tidak teratur yang perlu kamu perhatikan. Dengan demikian, nantinya kamu bisa mencegah masalah tersebut dan membuat haid menjadi kembali normal.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Haid Tidak Teratur Yang Penting Untuk Diketahui"