Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baguskah Air Kelapa untuk Ibu Hamil? Simak Penjelasan dari Ahlinya

Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Mengonsumsi air kelapa dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Ini karena air yang dikenal sebagai minuman isotonik ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya yakni kalium, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya. Tapi, aman dan baguskah air kelapa untuk ibu hamil?

Seringkali akan pertanyaan tentang bagaimana dampak mengonsumsi makanan atau minuman ini itu ketika dalam kondisi hamil. Ini wajar, karena tentunya selain memperhatikan dampaknya bagi kesehatan tubuh ibu hamil juga harus memerhatikan kondisi janin yang dikandungnya.

Baguskah Air Kelapa untuk Ibu Hamil?


Ada banyak pertanyaan mengenai dampak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu ketika sedang hamil. Salah satunya adalah dampak minum air kelapa.

Pada dasarnya, ibu hamil diperbolehkan untuk minum air kelapa karena bagus untuk kesehatan. Namun, sebaiknya cairan elektrolit alami ini dikonsumsi kamu konsumsi dalam jumlah yang sedang. Rupanya, air kelapa muda ini tidak hanya dikonsumsi karena rasanya yang enak, berikut adalah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

1. Sebagai diuretik alami


Air kelapa dapat berfungsi sebagai obat pendorong air seni alami. Ini penting bagi ibu hamil karena dalam masa kehamilan, kadar asam urat dalam tubuh harus dalam kondisi normal. Sifat diuretik air kelapa akan meningkatkan keinginan untuk buang air seni.

Kandungan mineral, magnesium, dan kalium akan membantu tubuh membuang racun dan membersihkan saluran kemih. Selain itu, kehadiran mereka juga akan dapat menurunkan risiko persalinan prematur. Sehingga pertanyaan baguskah air kelapa untuk ibu hamil? Jawabannya adalah sangat bagus, dengan catatan jika dikonsumsi secara wajar

2. Pemasok elektrolit penting bagi tubuh


Tubuh memerlukan lebih banyak elektrolit ketika masa kehamilan. Ini disebabkan karena mual dan diare yang dialami ibu hamil dapat membuatnya kehilangan banyak cairan. Nah, mengonsumsi air kelapa dapat dijadikan sebagai alternatif solusi.

Sebab air kelapa merupakan pemasok lima elektrolit penting yang dapat membantu meningkatkan pH tubuh dan mengatur tekanan darah. Kelima elektorlit tersebut yakni mineral, kalsium, kalium, natrium, dan fosfor.

3. Meningkatkan kesehatan jantung


Di antara manfaat air kelapa adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. ini karena dengan minum air kelapa dapat meningkatkan kadar zat dalam tubuh yang berfungsi sebagai pengatur tekanan darah. Maka dari itu, mengonsumsi segelas air kelapa di pagi hari akan dapat menyehatkan jantung.

4. Mempercepat pertumbuhan janin


Air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang diiperlukan tubuh, di antaranya ialah kalsium, kalium, magnesium dan lain sebagainya. Berbagai nutrisi itulah yang dapat membantu ibu hamil meningkatkan kesehatannya. Pemberian nutrisi yang tepat akan dapat menyehatkan dan mempercepat pertumbuhan di janin.

5. Melancarkan sirkulasi darah


Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil lainnya yakni dapat melancarkan sirkulasi darah. Tentunya manfaat ini sangat diperlukan bagi ibu hamil. Ini karena umumnya, ibu hamil akan lebih sering mengeluh pegal dan nyeri karena tidak maksimalnya sirkulasi darah dalam tubuh. Manfaat inilah yang memberikan penguatan pada munculnya pertanyaan tentang baguskah air kelapa untuk ibu hamil.

Kapan Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Air Kelapa Muda?


Pada dasarnya, mengonsumsi makanan atau minuman berlebihan tidak baik bagi tubuh. Tidak terkecuali ketika mengonsumsi air kelapa muda. Meski banyak kebaikan air kelapa yang bisa didapatkan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pertayaannya, kapan ibu hamil boleh mengonsumsi air kelapa muda? Natasha Rizky, pemeran .... dalam Cinta Cenat-Cenut mengaku bahwa ia mengonsumsi air kelapa muda pada tiga bulan akhir. Hal ini ia lakukan dengan alasan supaya janin lebih kuat dan terhindar dari kemungkinan kontraksi yang muncul karena minum air kelapa muda.

Rebecca Malachi, seperti yang dikutip dari Mom Junction mengatakan bahwa mengonsumsi air kelapa muda di pagi hari pada tiga bulan pertama kehamilan dapat mengurangi dehidrasi akibat mual. Selain itu, Rebecca juga menyarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda di tiga bulan terakhir kehamilan karena tubuh memerlukan nutrisinya.

Selain pertanyaan baguskah air kelapa untuk ibu hamil? muncul pula pertanyaan berapa sih takaran yang aman diminum oleh ibu hamil? Untuk mendapat manfaat air kelapa muda, dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah wajar. Nah, bagi ibu hamil, takaran yang diperbolehkan yakni segelas saja dalam 1 hari. Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan tingginya asupan natrium pada tubuh.

Posting Komentar untuk "Baguskah Air Kelapa untuk Ibu Hamil? Simak Penjelasan dari Ahlinya"