Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Nanas Bagi Ibu Hamil, Bisa Menyebabkan Keguguran?

Saat masa kehamilan, tak jarang ibu hamil memiliki keinginan untuk memakan berbagai makanan yang diidamkannya. Hal seperti ini sangat wajar rasanya, namun ingat tak semua makanan baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya yaitu nanas, lalu apakah pengaruh nanas bagi ibu hamil?

Mitos atau Fakta Mengenai Pengaruh Nanas Bagi Ibu Hamil


Banyak sekali orang yang berpendapat mengenai bahayanya pengaruh nanas bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan banyaknya mitos seputar nanas yang dapat menggugurkan kehamilan di masyarakat. 

Namun apakah nanas benar-benar berbahaya? Sebenarnya hingga saat ini belum terdapat bukti ilmiah yang menyatakan jika nanas tidak baik bagi ibu hamil. 

Nanas memiliki kandungan bromelain, yang mana tablet dengan kandungan bromelain sendiri tidak disarankan dikonsumsi ibu selama masa kehamilan. Kandungan ini dipercaya dapat memecah protein yang ada di dalam tubuh serta menyebabkan pendarahan abnormal. 

Namun jumlah kandungan bromelain yang ada dalam satu porsi buah nanas tidak akan berpengaruh pada kehamilan. Untuk bisa mendapatkan efek berbahaya yang sama seperti mengkonsumsi tablet bromelain, mungkin dibutuhkan hingga 7-10 kali lipat porsi buah nanas. 

Sehingga bisa disimpulkan jika masih mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah normal tidak akan mempengaruhi kehamilan. Sehingga jika makan nanas selama masa kehamilan tidak akan berbahaya, namun jika dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan efek yang tidak baik bagi kehamilan. Terutama lagi ibu yang memiliki perut sensitif. 

Asam yang terkandung di dalam buah nanas dapat menyebabkan refluks atau rasa panas. Karena itu akan lebih baik mengkonsumsi nanas dalam kadar secukupnya. 

Manfaat Buah Nanas Bagi Kehamilan


Mendengar penjelasan diatas, kini ibu hamil tak perlu lagi takut mengenai pengaruh nanas bagi ibu hamil. Asalkan jumlah nanas yang dikonsumsi masih dalam jumlah yang normal. Bahkan buah nanas sangat baik bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi penting. Seperti vitamin C, magnesium, zat besi, folat hingga vitamin B6. 

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan buah nanas saat dikonsumsi ibu hamil?

1. Melancarkan Pencernaan


Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan juga enzim yang penting bagi sistem pencernaan selama masa kehamilan. Selain itu vitamin C juga berperan cukup penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu tak mudah sakit. 

2. Mengatasi Sembelit


Nanas mengandung lemak jenuh rendah serta serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah nanas mengandung sekitar 1.4 gram serat. Dimana kandungan serat tersebut mampu mengatasi masalah konstipasi atau susah buang air besar. 

Konstipasi menjadi permasalahan yang seringkali terjadi selama masa kehamilan. Jadi mengkonsumsi buah nanas dengan kandungan serat tinggi ini bisa melancarkan pencernaan sekaligus buang air besar.
 

3. Menjaga Kesehatan Tulang


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak vitamin yang terkandung dalam buah nanas, salah satunya yaitu kandungan mangan yang baik untuk kesehatan tulang. Sehingga menikmati buah nanas segar akan membantu meningkatkan kesehatan tulang, menguatkan tulang, membantu pertumbuhan serta perbaikan sel. 

Dalam satu porsi buah nanas saja dapat memenuhi kebutuhan mangan hingga 70%. Sehingga jangan ragu untuk mengkonsumsi nanas di saat masa kehamilan. 

Namun Ingat Tak Semua Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Nanas


Mengkonsumsi nanas selama masa kehamilan memang tidak akan berbahaya bagi ibu hamil maupun membahayakan nyawa janin di dalam kandungan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak bisa memberikan efek yang tidak nyaman. 

Terutama bagi ibu hamil yang mempunyai perut sensitif, asam dalam nanas bisa menyebabkan perut mulas. Jika ibu mengkonsumsi buah nanas yang belum cukup matang, makan kandungan bromelain di dalamnya bisa menyebabkan efek diare. 

Ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional juga perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi nanas terutama jika diolah dalam bentuk jus. Mengingat jus buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga menyebabkan gula darah bisa meningkat tajam.

Dan juga perlu berhati-hati bagi ibu hamil yang tidak pernah mengkonsumsi nanas atau memiliki reaksi alergi saat mengkonsumsi nanas. Akan lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi nanas.

Jadi bisa disimpulkan jika sebenarnya tidak ada pengaruh nanas bagi ibu hamil yang dapat membahayakan. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah normal. Namun bagi ibu hamil dengan beberapa kondisi tertentu, akan lebih baik untuk menghindari konsumsi buah nanas. 

Posting Komentar untuk "Pengaruh Nanas Bagi Ibu Hamil, Bisa Menyebabkan Keguguran?"